Ratusan Napi di Yogya Ikuti Pengajian Akbar Maulid Nabi

Prabowo 
Selasa, 22 Januari 2013 13:41 wib wib
Ratusan Napi ikuti pengajian akbar Maulid Nabi (foto: Prabowo/Okezone_
Ratusan Napi ikuti pengajian akbar Maulid Nabi (foto: Prabowo/Okezone_
YOGYAKARTA - Ratusan narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakat (Lapas) Klas II A atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lapas Wirogunan Yogyakarta, melakukan istighosah dan pengajian akbar di Masjid Al-Fajar yang berada di kompleks tersebut.

Mengenakan baju putih serupa dengan kopiah di kepala, mereka tampak antusias mendengarkan 'pencerahan' yang disampaikan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, bertema 'Kita Teladani Budi Pekerti Nabi'.

Lantunan selawat yang dimainkan Group Al-Hamroh dari Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, terdengar 'sejuk' menambah suasana tentram dalam menyambut Maulid Nabi 1435 Hijriah tahun ini.

"Jauhkanlah diri kita dari rasa dendam. Dendam tidak akan memberikan kepuasan batin, saya berharap semuanya iklas dalam menjalani masa pembinaan," kata Haryadi, Selasa (22/1/2013). 

Haryadi meminta agar semua umat muslim, khususnya yang sedang menjalani masa hukuman di Lapas Wirogunan, mencontoh keteladanan Nabi Muhammad SAW.  "Manfaatkan waktu dengan baik, introspeksi diri harus tertanam di dalam diri. Contohlah kepemimpinan serta akhlak yang ada pada diri Nabi kita, Rosulullah merupakan pemimpin yang sempurna se-dunia hingga akhir zaman," urainya.

Haryadi sendiri mengaku masih terus belajar, meski dirinya merupakan pemimpin di Kota Yogyakarta. Ditemui usai memberikan ceramah, Haryadi mengaku baru pertama kali mengisi tausiah kepada ratusan napi di lapas tersebut.

Kasi Pembinaan Lapas Wirogunan, Heriyanto, mengatakan, istighosah dan pengajian akbar itu merupakan salah satu bentuk pembinaan kepribadian untuk para napi. Diharapkan, dengan adanya bentuk pembinaan yang terus menerus dilakukan akan menumbuhkan pribadi yang baik.

Artinya, selepas menjalani masa pembinaan diharapkan untuk lebih baik dan tidak lagi melakukan tindakan yang melanggar hukum. Heriyanto menambahkan, saat ini jumlah napi di lapas Klas II A Yogyakarta terdapat 328 orang. Mereka terjerat kasus beragam, mulai dari penipuan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya.
(ris)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment