Manfaat Pohon Palem

UNTUK BERTAHAN HIDUP
Pohon kurma adalah pohom palem paling utama untuk kawasan gurun. Pohon itu sangat penting untuk kelangsungan hidup warga gurun. Selama 7000 tahun pohon kurma telah menjadi sumber pangan utama penduduk gurun dan kaum pengelana di sana. Pohon kurma menyediakan naungan dari terik matahari dari terik matahari yang membakar dan lindungan dari angin gurun. Buahnya yang berenergi tinggi dijadikan bekal yang awet dan praktis dibawa. Buah keringnya dijadikan pakan hewan tunggangan. Ada ilmuwan yang menyimpulkan bahwa peradaban manusia bisa menjangkau kawasan yang panas dan gersang tersebut karena adanya pohon-pohon kurma di gurun-gurun.

OBAT-OBATAN
Siapa sangka, pohon palem juga ada yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Penderita diphtheria atau penyakit tenggorokan bisa menggunakan akar kelapa sebagai campuran obat. Bagian-bagian pohon kurma juga dipercaya berkhasiat. Bijinya bisa menghasilkan asam organik, enzim, dan komponen antibiotik. Orang Beduin sangat sedikit yang terkena kanker dan diduga sebabnya adalah mereka banyak mengkonsumsi kurma. Kurma juga dipercaya berkhasiat mengobati gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, untuk menurunkan demam dan lain-lain.

BAHAN BAKAR
Sisa kayu dari batang atau pelepah dan bagian pohon kering lainnya bisa dijadikan bahan bakar. Tempurung kelapa juga dijadikan bahan bakar (sebagai arang, arang aktif, maupun briket arang).

MINYAK NABATI
Diantara palem penghasil minyak nabati, dua spesies terpenting adalah kelapa sawit dan kelapa nyiur. Kemudian ada juga palem Babassu dari Amazon Amerika Selatan yang juga penghasil minyak yang penting dan mulai dibudidayakan disana beberapa tahun terakhir. Banyak jenis palem hutan dari Amazon yang menghasilakan minyak tetapi penggunaannya masih terbatas. Minyak-minyak nabati ini selain digunakan sebagai minyak goreng juga menjadi bahan baku industri seperti sabun, shampoo, kosmetik, margarine, dan lainnya.

Sumber : Majalah ORBIT edisi 02 tahun XI

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

5 komentar: