Sebuah Kurma Berjuta Manfaat

Buah kurma, siapa yang tidak mengenal buah ini? Buah kurma berasal dari pohon kurma ( Phoenix Dactylivera) yang banyak ditanam di timur tengah. Walau belum jelas, diperkirakan pohon kurma berasal di oasis padang pasir di Afrika Utara, dan dapat juga di Asia Barat Daya. Pohonya berukuran sedang, tingginya sekitar 15-25m, seringkali tumbuh bergerombol dengan beberapa pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun bisa juga tumbuh sendiri-sendiri. Bentuk pohon kurma juga mirip dengan pohon palm.

Buah kurma selain menjadi santapan ideal pembuka puasa yang rasanya sangat manis, ternyata di Haditskan oleh Rasulullah SAW.



Salah satu Hadits nabi Muhammad SAW

Dari Anas bin Malik ia berkata: “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab(kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air”. (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Ternyata hadits yang disampaikan Rasulullah SAW memang ada benarnya. Karena setelah diteliti, buah kurma ternyata mempunyai beberapa khasiat seperti melancarkan saluran kencing, memudahkan ibu yang akan melahirkan, memberi energi, dsb.

Kurma adalah termasuk kebutuhan pangan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Arab sebagai makanan pokok, oleh karena itu kurma termasuk bahan pangan untuk zakat fitrah.

Jadi mengapa tak membiasakan diri mengkonsumsi kurma? Selain enak , sehat , bergizi, dan sunnah Rasul.

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment