Kemajuan Jepang dalam Transportasi

Shinkansen adalah kereta tercepat didunia yang sekaligus menobatkan Jepang sebagai pioner dibidang teknologi transportasi modern. Shinkansen berarti "jalan utama baru" untuk mengabdikan semangat tak kenal lelah para ilmuwan Jepang dalam hal ini membuat jalur kereta api jenis bar. Kereta super cepat yang dapat melaju dengan kecepatan 300km/jam ini menghubungkan kota-kota besar di Jepang yang super sibuk.

Setiap hari, Shinkansen mengangkut 800 ribu orang dan mampu menempuh jarak 430km jauhnya, setara dengan perjalanan 12 kali keliling dunia (masuk Guiness Book of Record). ketepatan waktu kereta ini juga luar biasa, meskipun beroprasi pada saat jam paling sibuk sekalipun. Rekor keterlambatan Shinkansen di tahun 2003 rata-rata hanya terlambat 12 detik dari jadwalnya. Pada musim liburan, kereta ini bahkan biasa mengalami lonjakan jumlah penumpang sebesar 200% tapi tentunya tidak akan ada yang sampai naik di atap gerbong kereta.

Lebar rel Shinkansen berbeda dengan rel kereta api biasa untuk mengantisipasi kecepatan yang sangat tinggi. pada perjalanan pertamanya, shinkansen mampu mempersingkat waktu tempuh antara Tokyo ke Osaka yang biasanya 10 jam menjadi hanya 3 jam.

Dengan kecepatan seperti itu, dibutuhkan satu sistem khusus untuk menjamin keamanan. Begitu tingginya kecepatan kereta ini hingga masinis mustahil memperhatikan sinyal-sinyal disamping rel. Sebagai gantinya, sinyal radio yang dipancarkan dari setiap seksi rel akan mengatur kecepatan kereta api itu. Setiap sepuluh hari, kereta inspeksi yang disebut "doctor yellow" akan mengecek kondisi kabel, rel, dan peralatan sinyal diseluruh jaringan rel. Kereta inspeksi ini mampu melaju dengan kecepatan yang sama dengan Shinkansen. Inspeksi rutin terhadap Shinkansen dilakukan setelah periode atau jarak tempuh tertentu. Setiap kerusakan yang ditemukan akan langsung diperbaiki sebelum menyebabkan kecelakaan. Berkat sistem inspeksi, peralatan dan pengendalian yang canggih dan teliti ini, Shinkansen akan terus menjadi salah satu jaringan kereta api yang teramat dan tercepat di dunia.

Jepang membangun sistem kereta super cepat ini pada tahun 1964 saat olimpiade di selenggarakan di Tokyo. Jalur Shinkansen pertama menghubungkan Tokyo dengan Osaka dikenal dengan nama Tokaido Shinkansen. Pembangunan ini untuk menunjukkan pada dunia bahwa negeri yang hancur akibat Perang Dunia II mampu segera pulih dan mengubah wajah negerinya menjadi Jepang yang canggih dan modern tentunya.

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

1 komentar:

  1. woaah, jepang keren banget ya ? :3
    makasih ya infonya. membantu untuk tugas :)

    ReplyDelete