Orang yang Sedekahnya Salah Alamat

Dalam hadis berikut ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan kepada kita tentang seorang laki-laki yang bertekad untuk bersedekah secara diam-diam. Dia bersedekah selama tiga malam. Satu kali sedekahnya jatuh di tangan pencuri. Kali kedua, di tangan wanita pezina. Dan di tangan orang kaya pada kali ketiga. Hal itu membuatnya sedih dan gelisah. Maka, dalam mimpi dia didatangi dan dikatakan bahwa sedekahnya telah diterima, dan dijelaskan kepadanya bahwa sedekah kepada mereka yang tidak berhak menerimanya mengandung pelajaran dan faedah.

Teks Hadis
Bukhari meriwayatkaan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
"Seorang laki-laki berkata, 'Sungguh aku akan bersedekah.' Lalu dia pergi membawa sedekahnya. Dia meletakkannya di tangan pencuri.
Di pagi hari orang-orang membicarakannya, 'Seorang pencuri diberi sedekah.'
Dia berkata, 'Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sungguh aku akan bersedekah.'
Lalu dia pergi membawa sedekahnya dan meletakkannya di tangan wanita pezina.
Di pagi hari orang-orang membicarakan, 'Malam ini seorang pezina diberi sedekah.' Dia berkata, "Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sedekahku jatuh di tangan wanita pezina. Sungguh aku akan bersedekah."

Lalu dia pergi membawa sedekahnya dan dia meletakkannya di tangan orang kaya.
Di pagi hari orang-orang membicarakannya, 'Seorang kaya di beri sedekah. Dia berkata, "Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Kepada pencuri, wanita pezina, dan orang kaya.
Lalu dia didatangi dalam mimpi, dan dikatakan kepadanya,
- Adapun sedekahmu kepada pencuri, semoga itu membuatnya insyaf dari mencuri.
- Adapun wanita pezina, semoga itu membuatnya sadar dari zinanya.
- Adapun orang kaya, maka semoga dia mengambil pelajaran dan dia berinfak dari apa yang Allah berikan kepadanya."

Takhrij Hadis
Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahihnya dalam Kitabuz Zakat, bab jika dia bersedekah kepada orang kaya sementara dia tidak mengetahui, 3/290, no.1421.
Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya di Kitabuz Zakat, bab tetapnya pahala orang yang bersedekah walaupun ia jatuh di tengan orang yang tidak berhak menerimanya, 2/709, no.1022.
Hadis ini dalam Syarah Shahih Muslim An-Nawawi, 7/90. Ia juga diriwayatkan oleh Nasa'i dalam Sunan-nya(5/55).

By Sai Adz Dzikr Div.Kaderisasi

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

1 komentar: