Nano teknologi

 Nanoteknologi, disingkat menjadi "Nanotech", adalah studi tentang penguasaan materi pada skala atom dan molekuler. Umumnya nanoteknologi berkaitan dengan struktur ukuran 100 nanometer atau lebih kecil dalam setidaknya satu dimensi, dan melibatkan bahan berkembang atau perangkat dalam ukuran itu. Nanoteknologi sangat beragam bentuk dan penerapan.Ada banyak perdebatan mengenai implikasi masa depan nanoteknologi. Nanoteknologi memiliki potensi untuk membuat bahan baru dan perangkat dengan berbagai macam aplikasi, seperti di bidang kedokteran, elektronik dan produksi energi. Di sisi lain, nanoteknologi banyak menimbulkan masalah yang sama seperti halnya teknologi baru lainnya, termasuk kekhawatiran tentang toksisitas dan dampak lingkungan dari nanomaterials, dan efek potensial mereka tentang ekonomi global, serta spekulasi tentang berbagai skenario hari kiamat . Kekhawatiran ini telah menimbulkan debat tentang adanya regulasi khusus untuk nanoteknologi.

Perkembangan nano teknologi di Indonesia cukup mendapatkan apresiasi walaupun masih minim dukungan dari pemerintah. Apresiasi yang cukup bagus datang dari kalangan akademis khususnya kampus - kampus. Penelitian di bidang teknologi terus dilakukan dengan mengkaji fenomena - fenomena yang terjadi, meneliti metodologinya serta membuat alat yang dapat menciptakan produk nano teknologi. Disamping itu, sudah ada organisasi yang fokus di teknologi ini yaitu Masyarakat NANO Indonesia (MNI) di webiste http://www.nano.or.id

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment