Strategy Mencegah Kanker

Sampai saat ini kanker masih menjadi momok bagi manusia. Tetapi ada kabar baik dari American Cancer Society (ACS) menunjukkan bahwa angka kematian akibat kanker telah menurun. Dan separuh dari kematian akibat kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat dan melakukan pemeriksaan sesuai yang disarankan, dan berikut strategy mencega kanker.

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu sel-sel berubah menjadi kanker. Riset menunjukkan orang yang sering makan buah dan sayur beresiko lebih rendah terkena kanker kolon, kanker paru, kanker esophageal.

Kurangi Konsumsi Daging Merah dan Olahan
American Institute for Cancer Research (AICR) menyarankan jangan makan daging olahan dan daging merah lebih dari 3 ons per hari. Riset menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih dari 2 ons atau lebih daging merah sehari beresiko 30-40% terkena kanker kolon dan rectal. Resiko kanker payudara meningkat 56%. Studi ACS bahwa makan daging olahan lebih dari 2 ons per hari meningkatkan resiko 30-40% terkena kanker kolon dan rectal.

Minum Teh Hijau atau Teh Hitam
Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang meminum 1,5 cup teh hijau per hari dapat mengurangi 40% resiko terkena kanker payudara. Dan jika minum 2 cup atau lebih per hari teh hitam dapat mengurangi 30% resiko terkena kanker ovarium.

Menggunakan Bumbu
Studi terkini menemukan capsaicin yang membuat cabe terasa pedas, dapat membunuh sel-sel kanker. Dan curcumin pada kunyit dapat menurunkan resiko terkena kanker kolon. Di India banyak yang mengkonsumsi kunyit sehingga penderita kanker kolon 10 kali lebih rendah daripada di Amerika. Jumlah kunyit yang dikonsumsi dalam diet khas India adalah kurang dari 1 sendok teh sehari.

Panggang Daging dengan Tepat
Pilih daging tak berlemak, buang semua lemak dan marianate sebelum dipanggang dapat mengurangi lebih dari 99% karsinogen yang terbentuk saat daging dipanggang. Gunakan 1/2 cup marinade untuk setiap pon daging dan usahakan jangan sampai gosong.

Tingkatkan Intake Vitamin D
Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin D atau suplemen, dapat mengurangi resiko terkena kanker, karena sekitar 60-79% pasien kanker mengalamin kekurangan vitamin D. AKG vitamin D adalah 400 IU per hari, dan sumber vitamin D yang baik adalah susu (1 cup 100 IU), dan salmon (3,5 ons 360 IU).

Olah Raga Teratur
Jadikan olahraga sebagai bagian dari aktivitas anda sehari-hari, karena sekedar gerak saja tidak mencukupi. Untuk mencegah kanker, panduan baru ACS ,menyarankan olahraga sedang sampai berat paling sedikit 30 menit, 5 kali atau lebih perminggu. Seperti jogging, aerobik, jalan cepat, dll. Dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara dan kolon.

Sumber : Tabloid AURA Edisi/ Th.XI/ Minggu ke-4

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

3 komentar: