Nutrien yang Diperlukan Tubuh dan Khasiatnya Part 2


VITAMIN C
Khasiat : Para ahli sudah sejak lama menemukan bahwa vitamin C adalah pembangun penting kolagen, bahan struktural untuk tulang, pembuluh darah, kulit, dan jaringan-jaringan lainnya.
Jumlah yang diperlukan : AKG intake harian terkini untuk pria adalah 90 mg, dan untuk wanita adalah 75 mg. Jumlah maksimum yang bisa diadsorb tubuh hanya 400 mg/hari.
Suber makanan Vitamin C : Terdapat di hampir semua hasil bumi, antara lain, jeruk, paprika, stroberi, brokoli, tomat, ubi jalar, cantalupe, okra dll.

VITAMIN D

Khasiat : Sebagian besar fungsi vitamin D difokuskan pada tulang karena vitamin D bekerja sama dengan kalsium untuk membantu dan mempertahankan tulang.
Jumlah yang diperlukan : Anjuran resmi saat ini adalah 200 IU untuk anak-anak dan 600 IU berumur diatas 71 tahun.
Jumlah yang diperlukan : Anjuran resmi saat ini adalah 200 IU untuk anak-anak dan 600 IU berumur diatas 71 tahun.
Sumber makanan Vitamin D : Kita mengendalikan susu dan serealia sarapan yang difortifikasi untuk mendapatkan sebagian besar vitamin D makanan. Beberapa jeni ikan seperti herring dan sardine merupakan sumber vitamin D. Di luar itu, tidaklah banyak sumber makanan yang alamiah.

FOLATE/FOLIC ACID

Khasiat : Diperlukan untuk produksi sel-sel baru, termasuk sel-sel darah merah. Kekurangan folate masih merupakan penyebab bayi mengalami cacat tulang punggung.
Jumlah yang diperlukan : Banyak ahli yang menganjurkan minum multivitamin dengan 400 mcg folic acid; 1.000 mcg/hari adalah batas aman untuk folic acid.
Suber makanan Folate : Sumber makanan yang kaya akan folate adalah liver, kacang-kacangan (yang dikeringkan), bayam dan sayuran daun hijau, asparagus, dan serealia yang difortifikasi.

ZINC
Khasiat : Diperlukan hampir semua sel tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan sistem imun sampai mengatur testosteron.
Jumlah yang diperlukan : Intake makanan yang disarankan untuk pria adalah 11 mg/hari dan untuk wanita adalah 8 mg/hari.
Sumber makanan Zinc : Sumber makanan yang kaya akan zinc adalah kerang, tenderloin sapi matang, kalkun, chickpea, ayam panggang, biji labu, yoghurt rendah lemak polos, tahu, kacang mede, keju, dll.

VITAMIN E
Khasiat : Menurut hipotesis sebagian ahli, vitamin E berperan dalam dalam fungsi imun dan perbaikan DNA, pembentukan sel darah merah, dan adsorbsi vitamin K.
Jumlah yang diperlukan : AKG untuk pria dan wanita adalah 231 IU atau 15 mg. Karena banyak makanan yang mengandung vitamin E berasal dari kacang-kacangan dan minyak, diet rendah lemak menyebabkan tidak mendapatkan vitamin E yang mencukupi.
Sumber makanan Vitamin E : Minyak biji bunga matahari, bayam matang, kacang almond, minyak safflower, dan hazelnut.

Sumber : Tabloid AURA Edisi/ Th.XI/ Minggu ke-4

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment