Nutrien yang Diperlukan Tubuh dan Khasiatnya Part 1


Tubuh kita ini kalau mau sehat harus di isi dengan makanan-makanan yang bernutrisi, lha nutrisi yang diperlukan tubuh kita antara lain adalah :

BETA KAROTEN
Khasiat : Dalam tubuh, betakaroten diubah menjadi vitamin A, nutrien yang sangat penting untuk kesehatan penglihatan mata, fungsi imun, dan pertumbuhan sel tubuh, dan juga berperan sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas.
Jumlah yang diperlukan : Tidak ada RDA untuk betakaroten.
Suber makanan Betakaroten : Banyak makan sayuran daun hijau tua, sayuran dan buah oranye seperti wortel, pepaya, mangga setiap minggunya untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dan betakaroten.

VITAMIN B12

Khasiat : Vitamin B12 berfungsi untuk menyusun DNA, pembangun gen, menjaga kesehatan saraf dan sel-sel darah merah.
Jumlah yang diperlukan : 2,4 microgram per hari memberikan semua yang diperlukan tubuh untuk usia 14 tahun keatas. Tetapi sebagian ahli mengatakan, intake harian yang diperlukan adalah 6 microgram per hari.
Sumber makanan Vitamin B12 : Vitamin B12 berikatan dengan protein, jadi makanan seperti daging, susu, telur, ikan, yoghurt adalah sumber vitamin ini.

CHROMIUM

Khasiat : Diperlukan tubuh untuk proses yang mengubah makanan menjadi energi yang bisa digunakan, membantu insulin menyiapkan sel-sel untuk menerima glukosa.
Jumlah yang diperlukan : Intake yang dibutuhkan orang dewasa adalah 50-200 mcg/hari.
Suber makanan Chromium : Sumber chromium terbaik adalah roti dan serealia gandum, daging, kacang-kacangan, prune, dan kismis.

VITAMIN K
Khasiat : Diperlukan untuk memproduksi protein berbagai protein yang berbeda. Sebagian digunakan untuk menciptakan faktor yang membuat darah dapat membeku, penting untuk penyembuhan luka.
Jumlah yang diperlukan : Angka Kecukupan Gizi terkini intake harian vitamin K adalah 90 mcg untuk perempuan dan untuk laki-laki adalah 129 mcg. Dan penyakit kekurangan vitamin K jarang ditemukan.
Sumber makanan Vitamin K : Bayan, brokoli, asparagus, lettuce hijau, minyak kedelai, minyak canola, minyak zaitun, dan tomat.

POTASSIUM
Khasiat : Berperan penting hampir di seluruh proses penting tubuh: menjaga tekanan darah, fungsi jantung dan ginjal, kontraksi otot, bahkan pencernaan.
Jumlah yang diperlukan : Survey menunjukkan, sebagian besar orang Amerika mendapatkan kurang dari 1/2 jumlah yang disarankan, yaitu 4,700 mg per hari untuk orang dewasa dan remaja.
Sumber makanan Potassium : Yang paling baik adalah makanan yang paling mendekati kondisi alamiahnya. Pastinya sesering mungkin mendapatkan makanan utuh, makanan yang tidak diproses, terutama buah-buahan dan sayuran. Produk susu rendah lemak, padi-padian utuh, ikan dan daging tanpa lemak.

MAGNESIUM
Khasiat : Dibutuhkan sebagian proses tubuh yang paling mendasar. Magnesium ini memicu memicu lebih dari 300 reaksi biokimia. Yang paling penting adalah produksi energi dari makanan yang kita makan.
Jumlah yang diperlukan : Sekitar 300 mg/hari bagi wanita dan 350 mg/hari bagi pria, dengan batas atas untuk suplemen magnesium pada 350 mg.
Sumber makanan Magnesium : Mineral ini banyak terdapat pada avocado, kacang-kacangan, sayuran daun hijau termasuk labu, kiwi, dan almond.

Sumber : Tabloid AURA Edisi/ Th.XI/ Minggu ke-4

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

1 komentar: