Mari Mengenal Mamalia Laut

Gambar Pinnipedia
Gambar Sirenia
Gambar Cetacea
Cetacea (Paus dan Lumba-lumba)
Sekitar 80 spesies mamalia laut tergabung disini dan kebanyakan dari mereka hidup di laut, tetapi ada juga yang hidup di perairan tawar seperti di sungai Yangtze, Amazutaman, Para-Indus, dan Gangga.
Hewan Cetacea telah beradaptasi dengan kehidupan laut. Bentuk badannya sangat sesuai untuk hidup diair. Ekornya sangat kuat untuk berenang. Tungkai belakang hanya sedikit sehingga mengurangi gesekan. Tungkai depan seperti sirip sebagai pengatur arah dan keseimbangan saat berenang. Lubang hidungya terletak di puncak kepala, sehingga bisa bernafas sambil berenang.

Ada dua golongan Cetacea, yaitu paus bergigi (odontoceti) dan paus balin (mysticeti). Sesuai namanya, paus bergigi pastinya memiliki gigi dan ada yang bentuk giginya aneh dan panjang seperti paus narwhal. Yang termasuk odontoceti antara lain, lumba-lumba, beluga (paus putih), narwhal, orca, dan paus sperma.
Paus balin dewasa tidak memiliki gigi, sehingga dia menyaring makanan berupa hewan kecil dari air laut dengan balin. Balin tiu seperti pelat-pelat sisir yang menjuntai dari langit-langit mulut. Dan yang termasuk paus balin antara lain, paus biru, paus bongkok, paus benar, paus minke, dan paus sirip.

Pinnipedia
Pinnipedia dari bahasa latin berarti kaki sirip. Hewan-hewan pinnipedia ini senang menghabiskan waktunya di laut, tetapi sekali-kali main kedarat untuk istirahat dan berkembang biak (kawin). Pinnipedia banyak tersebar di perairan kutub yang dingin hingga kawasan beriklim dingin dan sedang.
Pinnipedia memiliki lapisan lemak tebal di bawah kulit yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Ada 33 spesies tergabung disini, meliputi berbagai anjing laut, singa laut, gajah laut, dan walrus.

Sirenia

Yang diatas tadi kebanyakan makan daging atau hewan lain, kalau mamalia ini makan tumbuhan, walaupun hidup di laut, hewan-hewan sirenia ini termasuk golongan herbivora. Jadi sukanya makan tumbuhan laut seperti padang lamun (seagrass) dan ganggang (algae). Dan banyak orang menyebutnya dengan sapi laut (sea cow).
Hewan-hewan sirenia menghabiskan seluruh waktunya di air. Meski terlihat tambun dia mampu berenang dengan lincah dan gesit. Tungkai depannya diciptakan Allah SWT seperti lengan sehingga menjadi pengendali arah saat berenang dan ekornya seperti dayung untuk mendorong.
Yang termasuk sirenia adalah satu spesies dugong (duyung), dan tiga spesies manatee. Sedangkan satu spesies, yaitu sapi laut Steller sudah punah. Para duyung ini banyak terdapat di perairan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta sistem sungai kedua samudera tersebut. Manatee banyak terdapat di pesisir Samudera Atlantik dan sistem sungainya. Dan ternyata eh ternyata sirenia ini memiliki kerabat dengan gajah yang hidup di darat. Subhanallah.....!

Sumber : Majalah Iptek Anak ORBIT No.02Tahun XII

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

3 komentar:

  1. Duyung ternyata kaya gitu ta, tak kira yang ada di film2 iru ada beneran... hahaha

    ReplyDelete