Mengemban Amanah dalam rangka Membangun Generasi Emas



👋🏻 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 👋🏻

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

"Wahai orang-orang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu" (Q.S. Muhammad 47:7)

 "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (Q.S.Ash-Shaff:4)
-------------------------------------
Bersama teman-teman Shalih dan Shalihah Pejuang dakwah SAI-Adz Dzikr
telah terlaksana
✨ *Malam Bina Iman dan Taqwa* ✨

🎉 "Latihan Kepemimpinan dan Forum For SAI"🎉

Oleh :
➡ Ust. Asfar Subchi Yoga P
🙌 Keluarga SAI Adz-Dzikr

📆 Sabtu-Minggu ,1-2 April 2017
⌚16.00 - 10.45 WIB
⛺SMA Negeri 9 Yogyakarta

fasilitas:
🎓Ilmu yang bermanfaat
🍡 Makan
🎥 Pemutaran Video

Alhamdulillah teman-teman yang telah hadir, mendapatkan ilmu yang disampaikan✨ insyaaAllah


📌📌📌LATIHAN KEPEMIMPINAN📌📌📌

📅 Sabtu, 1 April 2017
⏰ 19.30 - 21.00
🕌 Mushalla Al-Ilmu SMA Negeri 9 Yogyakarta
🎤 Ustadz Asfar Subchi Yoga Purnama
📋 tema : Mengemban Amanah
📝 judul : Membangun Generasi Emas

🍃Yang Hadir
-Seluruh Anggota SAI Adz-Dzirk-

🍃Hasil
🌸 bila amanah diibaratkan dengan segitiga atau yang disebut dengan "segitiga amanah", maka amanah akan memiliki tiga sudut

🌸 sudut yang pertama dan berada di puncak adalah iman. Orang yang beriman kepada Allah, maka ia akan senantiasa merasa dirinya disertai oleh Allah dan percaya dirinya akan kembali pada Allah.

🌸 orang yang beriman tidak mungkin melakukan perbuatan yang mendatangkan kemurkaan Allah.

🌸 sudut yang kedua yaitu sifat amanah. Maksud nya adalah bisa dipercaya dan senantiasa merasa diawasi oleh Allah, serta melaksanakan dan menyampaikan amanah yang telah diembannya.

🌸 sudut yang ketiga adalah aman. Maksudnya adalah ketika seseorang mampu amanah melaksanakan tanggung jawab nya, maka ia akan menciptakan keadaan aman.

🌸 maka jadi lah orang yang memiliki ketiga sifat tersebut, yaitu menjadi orang yang beriman, orang yang mampu mengampu amanah, dan mampu menciptakan suasana aman.

🌸 Amanah itu dikaruniakan pada orang yang Allah kehendaki. Bila kita melihat kisah Rasulullah, beliau tidak pernah mengetahui bahwa beliau akan diutus menjadi seorang Rasul.

🌸 bagaimana keadaan kepemimpinan Islam pada zaman dulu? Kepemimpinan Islam terakhir masih tampak sampai tahun 1924, berikutnya sudah mulai memudar. Dan sampai saat ini, sudah tidak tampak lagi.

🌸 akhir akhir ini, muncul pemimpin andalan. Misalnya pemimpin Mesir yaitu seorang Hafidz 30 Juz, namun beliau hanya memimpin beberapa tahun, kemudian kepemimpinannya dilengserkan. Betapa sayang nya sobat :(

🌸 Apa jadinya bila generasi muda terlena dengan hal hal buruk, yang menyebabkan pemimpin-pemimpin di Indonesia adalah oleh non-Indonesia.

🌸 Dengan Sumber Daya Manusia Indonesia yang besar, mari perdayakan agar muncul generasi emas yang mampu menjadi pemimpin di masa kelak.

🌸 generasi muda perlu diarahkan, sebab mereka memiliki sifat :
🌻 Efektif : generasi muda mampu mengatur dan menggunakan waktu dengan baik
🌻 Massif : ketika satu orang berbuat baik, maka yang lain juga akan mengikuti. Artinya generasi muda yang berbuat baik, maka akan memberi pengaruh yang baik pula
🌻 strategis : ketika sudah dibina, maka harapannya generasi muda akan menjadi tulang punggung negara.

🌸 Amalan apa yang disukai Allah?
Rasulullah menjawab :
🌻menunaikan shalat tepat pada waktunya
🌻 berbakti pada kedua orangtua.
🌻 jihad fii sabilillah
Mengapa point 2 terlebih dahulu daripada point 3? Karena bisa jadi Allah memberi hidayah pada anaknya dulu. Pribadi seorang anak yang baik, in syaa Allah dapat menularkan kebaikan pada orangtua nya.

🍃TANYA JAWAB
🌻 bila generasi tuanya buruk, bagaimana membangun generasi muda yang baik
🌸 mengawali dengan menunjukkan bagaimana sesungguhnya perilaku yang benar dan berusaha menjadi teladan yang baik bagi teman teman yang lain, ini membutuhkan kesadaran dari pribadi. Lalu kepada siapa kita berteladan? Bila generasi tua nya tidak bisa menjadi teladan, apapun sifat Presiden dan menteri kita, tetap berteladan lah pada Rasulullah, sahabat beliau, ulama, dan da'i yang baik.

🍃Semoga kegiatan yang telah terlaksana akan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menjadi amal bagi kita semua. Aamiin 🙏🏻🙏🏻

Part 2

Alhamdulillah telah berlangsung the Forum for SAI yang dilaksanakan oleh SAI Adz-Dzikr Rohis SMAN 9 Yogyakarta di Mushalla Al-Ilmu SMAN 9 Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi program kerja setiap divisi SAI Adz-Dzikr selama tiga bulan yaitu bulan Januari, Februari, dan Maret tahun 2017.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita mampu untuk selalu mengevaluasi dan memotivasi diri dalam mencapai target-target yang telah direncanakan dalam program kerja kita. Aamiin 🙏🏻🙏🏻

#SMAN9at #Mabit #LK #ForumForSAI #SemangatParaPejuangDakwah

👋🏻Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh👋🏻



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment