Hijrahmu Mengalihkan Duniaku
































👋🏻Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Para Pejuang Dakwah👋🏻

Alhamdulillah Divisi EO SAI Adz Dzikr telah selesai menyelengarakan

🎉 Peringatan Hari Besar Islam 🎉
dalam rangka
🌻Isra' Mi'raj 24 April 2017🌻

Alhamdulillah telah dilaksanakan pada

📅 Selasa, 25 April 2017
🏡 Mushola Al-Ilmu SMA Negeri 9 Yogyakarta
🕑 15.00 - 16.45 WIB
👤 Akh. Andi Air
🗒 Tema : Hijrahmu Mengalihkan Duniaku

Free snack and full barakah 😉

🍃 Alhamdulillahirrabil'aalaamiin, telah berlangsung pada 25 April sore hari yang berawan ini, Kajian Peringatan Hari Besar Islam Isra' Mi'raj yang dilaksanakan oleh SAI Adz-Dzikr SMA Negeri 9 Yogyakarta Divisi Event Organizer di Mushalla Al-Ilmu SMA Negeri 9 Yogyakarta.

🍃 Kajian Peringatan Hari Besar Ini mengusung Tema "Hijrahmu Mengalihkan Duniaku" yang disampaikan oleh Akh. Andi Air

🍃 Alhamdulillah kajian telah berjalan dengan lancar dan ilmu yang telah disampaikan dapat diamalkan sehingga kita menjadi insan yang semakin baik hari demi hari. InsyaAllah 😊😊

Isi Kajian

🍃 Perbuatan yang kita lakukan saat ini menentukan kita di masa depan!

🍃 Kita melihat orang dari apa yang kita lihat, baik dari perilaku, cara berbicara, cara berpakaian. Namun ingatlah, bahwa Allah melihat kita dari hari kita.

🍃 Penampilan kita mewakili dan melindungi isi hati kita. Bila Ikhwan yang menggunakan peci, memanjangkan jenggot, masuk ke tempat yang tidak baik, pasti ia akan merasa malu. Dengan menjaga cara berpakaian sesuai dengan yang telah diatur dalam Al-Qur'an, maka akan menjaga hati kita untuk selalu berbuat baik.

🍃 Pintar adalah Hasil. Bila seseorang kurang/belum pintar dalam suatu pelajaran, Itu Tidak Salah. Yang salah ialah bila seseorang Tidak mau belajar.

🍃 Apakah orang yang hafal suatu ayat, Lebih Baikdari mereka yang belum hafal? Belum tentu. Setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang mampu menghafal dalam satu kali membaca, Ada yang bahkan harus mengulang 40 kali. Masalahnya disini bukan hafalannya, Tetapi proses menghafalanya bahkan proses Menjaga hafalannya tersebut. Seberapa sering ia mengulang nya.

🍃 Bila orang yang berdakwah pada banyak orang dan beberapa di antara pendengar mengamalkan Apa yang disampaikan, in syaa Allah sang penyampai dakwah dapat dikatakan berhasil. Namun, Jangan tinggi hati tentunya. 

🍃 Allah mengundang Rasulullah dalam peristiwa Isra' Mi'raj merupakan suatu peristiwa yang Tidak Hanya berpengaruh pada zaman Nabi, namun juga berpengaruh Sampai akhir zaman.

🍃 Hingga Tiba saatnya Rasulullah bertemu dengan Allah. Allah memerintahkan kepada seluruh umat untuk melaksanakan shalat 50 waktu. Tidak Ada waktu untuk melakukan hal lain selain shalat.

🍃 ketika Rasulullah akan kembali, Di perjalanan beliau bertemu dengan Nabi Musa As. Lantas Nabi Musa mengatakan Bahwa mana mungkin umat mampu menjalankan kewajiban tersebut. Akhirnya Rasulullah naik kembali dan meminta keringanan pada Allah. Sampai akhirnya berkurang lima dan lima, terus. Dan bersisa lima waktu.

🍃 "Hidup Itu Hanya untuk Menunggu Waktu Shalat"

🍃 Efek shalat tepat waktu
- hatinya tidak tenang ketika belum shalat. 
- efek shalat dapat dibawa ke kehidupan kita, ketika shalat di shaf terdepan, in syaa Allah dalam kehidupan kita akan berusaha untuk menjadi yang terdepan pula.

🍃 Fanatik dengan Islam bukan layaknya mereka yang dianggap sebagai teroris. Namun dengan menyegerakan shalat ketika adzan sudah berkumandang.

🍃PERTANYAAN
🌻 Q : Bagaimana menyikapi bila waktu istirahat Sekolah Tidak sesuai dengan waktu shalat? Lebih Baik shalat tepat waktu namun membuat jama'ah kecil, atau shalat Nya sedikit terlambat namun ikut dengan jama'ah yang besar.
A : Shalat yang afdhol adalah tepat waktu dan berjama'ah. Tetapi yang lebih diutamakan adalah berjama'ah. Adzan mundur dari waktu nya tidak apa, yang penting jangan adzan sebelum waktunya.
Ada kisah seorang pemuda yang buta, yang bertanya pada Rasulullah 
"Bolehkah aku shalat di rumah?"
"Boleh"
Ketika orang buta itu akan punya ke rumah, Rasulullah memanggil kembali ia.
"Shalatlah engkau di masjid, sesungguhnya kau mampu"
Kembali pada pertanyaan, asalkan ada kesepakatan dengan sekolah, kita tidak apa shalat melewati dari waktunya, yang penting ada jama'ah nya.

🌻 Q : Saya orangnya disiplin shalat di masjid, namun akhir akhir ini ada beberapa hal yang menghalangi, salah satunya sulit bangun. Itu karena ada bisikan setan atau saya yang khilaf?
A : Hal yang harus Anda lakukan adalah niat Bahwa Besok Paginya anda ingin shalat di masjid, untuk Itu Anda perlu bangun pagi. Kemudian gunakan alarm jika Itu perlu. Letakkan di Tempat yang sulit dijangkau, sehingga tidak langsung dimatikan ketika alarm berbunyi.

Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat kita amalkan. Aamiin 🙏🏻

👋🏻 Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh👋🏻

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment