Terumbu Karang


Terumbu karang pada umumnya ditemukan pada perairan dangkal, hangat, biasanya dekat dengan pantai. Kebanyakan terumbu karang di dunia terdapat dikawasan tropis. Koral menyukai perairan yang airnya jernih dan masih ditembus cahaya matahari dengan suhu 21-30 derajat celcius. Sebaran terumbu karang di dunia antara lain di lepas pantai afrika bagian timur, selatan Samudra Hindia, di Laut Merah, disekitar Austalia hingga Polinesia. Indonesia berada di daerah yang dikenal sebagai Coral Triangle. Di kawasan Amerika, terumbu karang terdapat di sekitar Florida, Karibia, dan Brazil. Terumbu karang terbesar di dunia terdapat di The Great Barrier Reff di Australia yang panjangnya lebih dari 2000 km.

MANFAAT TERUMBU KARANG
Terumbu karang menjadi rumah bagi banyak makhluk laut. Terumbu karang mendukung kelestarian sumberdaya ikan dan organisme laut, dan berfungsi sebagai pelindung pantai dari gelombang dan arus. Terumbu karang juga menjadikan keindahan bawah laut yang bisa dijadikan untuk wisata bahari.

Terumbu karang menjadi tempat yang nyaman untuk ikan-ikan. Ikan yang hidup didalamnya umumnya merupakan ikan hias atau anak ikan konsumsi yang bernilai jual tinggi seperti ikan badut, ikan baronang, ikan kerapu, dan aneka jenis ikan lainnya. Dengan kata lain terumbu karang yang terlindungi merupakan tempat yang aman bagi ikan-ikan kecil bertelur dan berkembang biak. Kondisi seperti ini akan mengundang ikan-ikan pemangsa yang ukurannya lebih besar mendatangi terumbu karang. Ikan pemangsa inilah yang menjadi sumber penghasilan manusia yang berprofesi sebagai nelayan. Terumbu karang yang tumbuh di daerah Indo-Pasifik hingga mencapai kurang lebih 80 marga. Diperkirakan lebih dari 3000 spesies dapat dijumpai pada jejeran terumbu karang yang hidup di Asia Tenggara. Wilayah terumbu karang yang sehat seluas satu km persegi dapat menghasilkan 3-10 ton ikan setiap tahunnya.

Manfaat lain terumbu karang adalah sebagai benteng pelindung pantai dari ombak laut atau gelombang besar. Sehingga pantai sebuah pulau tidak akan terkikis karena abrasi. Karena sebuah pulau jika terus menerus terkena ombak dan abrasi lama-kelamaan akan tenggelam. Selain itu manusia yang hidup di pinggir pantai baik para nelayan atau wisatawan akan terlindungi dari hantaman ombak besar.

HAL PENTING MNGENAI TERUMBU KARANG
Soal keanekaragaman hayati terumbu karang, Indonesia juaranya. Ada sekitar 480 spesies karang keras (60% dari jumlah spesies dunia), 1650 jenis ikan karang (terbanyak di dunia). Sayang tingkat kerusakannya juga tinggi.
Luas terumbu karang di dunia tidak dampai 1% dari luas permukaan bumi. Tetapi terumbu karang menjadi rumah bagi 23% spesies hewan laut.
Salah satu ikan karang paling indah adalah Ikan Mandarin (
Synchiropus splendidus) dari Indo-Pasifik. Ikan ini banyak diburu untuk akuaruium, padahal pemeliharaannya sulit.
Terumbu karang mulai terbentuk sejak 500 juta tahun yang lalu. Ini berarti terumbu karang termasuk ekosistem tertua di dunia.

Sumber : majalah iptek anak ORBIT edisi 08 2010.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment