Khasiat Habbatussauda'



Rasulullah bersabda: "Gunakanlah HABBATUSSADA' karena sesungguhnya didalamnya terdapat obat bagi semua penyakit kecuali kematian." (HR. Bukhari 10/121 7 Muslim 2215)
Biji Habbatussauda' dan minyaknya telah dipakai di berbagai belahan dunia karena khasiatnya dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Kemampuannya terbukti tidak hanya secara tradisional namun juga sudah terbukti secara kajian ilmiah modern. Khasiat Habbatussauda' sebagai obat alami ditemukan pada manuskrip-manuskrip kuno tentang keampuhannya menyembuhkan dan intensitas penggunaannya yang tinggi.

Ibnu Sina (980-7037) dalam buku ilmiahnya "the Canon of Medicine" menyatakan bahwa Habbatussauda' mampu menstimulasi energi ditubuh dan membantu proses penyembuhan dan kelelahan.

Habbatussauda' ((Jinten Hitam)), herbal yang sangat terkenal. Tidak kurang dari 150 penelitian yang dimuat diberbagai jurnal ilmiah semakin memperkuat bukti tentang khasiat yang luar biasa pada Habbatussauda'. Diantara riset ilmiah sebagai anti bakteri oleh Dhaka University, Bangladesh, anti radang oleh Prof. El-Dakhany, dan anti oksidan oleh Pharmatology Research Laboratory, Departement of Pharmacy King College, London.

Klasifikasi Habbatussauda':

Bangsa : Ranunculales
suku : Ranunculaceae
Marga : Nigella
Jenis : Nigella Sativa L

Nama Lain Habbatussauda':

Black seed, Habbatul baraka, Syuwainiz, Kalonji, Nigella Sativa, Jinten Hitam

Deskripsi :

Habbatussauda' merupakan tanaman yang berasal dari eropa selatan, ada juga yang mengatakan berasal dari eropa timur.
Tanaman semak semusim, tinggi sekitar 30cm yang berbatang tegak, lunak, beralur, warna hijau kemerahan.
Bunga majemuk bentuk karang, mahkota bentuk corong warna putih kekuningan.
Buah polong, bulat panjang, warna coklat kehitaman.
Biji kecil, bulat hitam, akar tunggan berwarna coklat.

Kandungan Habbatussauda':

1. Crystalline Nigellone dan Arginine, sebagai Stabilisator dalam sistem imunitas tubuh dan masa pertumbuhan.
Crystalline Nigellone adalah zat yang berfungsi menekan anti-histamin sebagai penyebab asma bronchitis dan alergi.

2. Asam Lemak terutama asam lemak esensial tak jenuh. EFA, terdiri dari asam Alfa-Linolenic (Omega-3) dan Asam Linoleic (Omega-6), adalah pembentuk sel dan subsatansi yang tidak dapat dibentuk dalam tubuh, dan oleh karena itu harus mendapat asupan atau melalui makanan yang memiliki kandungan EFA tinggi.
Asam Lemak essensial berfungsi sebagai pengunci & penghilang zat-zat berbahaya penyebab kanker.

3. Karoten, yang diubah oleh liver menjadi vitamin A. Karoten berfungsi sebagai penghancur sel-sel yang rusak yang dapat menyebabkan kanker.

4. 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, keduanya dalam bentuk fixed oils (84% asam lemak, termasuk linolenic dan linoleic), dan minyak volatile, alkaloids, saponin, dan crude fiber)

5. Bermacam mineral kalsium, sodium, potassium, magnesium, salenium, zat besi, dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dalam tubuh, namun sangat penting sebagai elemen-elemen yang memiliki peranan penting dalam membantu fungsi bermacam enzim lainnya.

6. Vitamin A, 131, B2, B6, C, E, dan Niacin sebagai elemen yang berperan penting membantu enzim-enzim lainnya dalam menciptakan kesehatan tubuh.

7. Thymoquinone, bermanfaat untuk membunuh sel kanker dan mencegahnya. Dan penelitian dari Philadelphia menunjukkan bahwa Habbatussauda' dengan kandungan thymoquinone dapat mencegah bahaya kanker pada mereka yang telah menjalani operasi dan kemoterapi serta mereka yang rentan mengidapnya.

Efek Famakologi :

Habbatussauda' Insya Allah dengan izinNya memiliki khasiat sebagai berikut :

1. Karminatif

2. Stimulant

3. Mengobati gangguan pencernaan dan perut

4. Bronchodilatator atau melegakan saluran pernafasan, baik untuk asma, TBC, dll

5. Minyak berfungsi sebagai anti bakteri dan anti myotic

6. Stimulan sumsum tulang belakang dan sel-sel imun dan meningkatkan produksi interferon, melindungi sel normal dari serangan virus dan tumor serta meningkatkan jumlah sel antibody B

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

8. Meningkatkan penekan sel T pada limfosit dan meningkatkan aktifitas sel pembunuh alami

9. Anti histamine

10. Menurunkan gejala asma bronchial

11. Menghambat protein kinase yang merangsang keluarnya histamine

12. Anti tumor

13. Anti bakteri. Sifat anti bakteri pada minyak Habbatussauda' lebih kuat dari amphiciline, tetracyline, cotrimaxole, gentacimin, dan asam palidxic

14. Anti inflamasi. Sifat anti inflamasi pada minyak Habbatussauda' sangat efektif pada penderita arthritis

15. Merangsang keluarnya ASI

Detoksifikasi :

Cara kerja Habbatussauda' adalah membuang racun dari tubuh (detoksifikasi) dan kemudian memperbaikinya. Detoksifikasi ini bisa muncul dalam beberapa gejala, seperti Buang Air Besar (dengan warna hitam atau pekat), gatal-gatal, dll. Akan tetapi gejala ini tidak berlangsung lama, segera setelah tubuh menyesuaikan diri dengan keadaan pasca dibuangnya toxic/racun darinya, Habbatussauda' akan memperbaiki kondisi tubuh tersebut.

Kelebihan Habbatussauda' Habbassyah

Jenis Habbatussauda dari Habbassyah, lebih hitam, lebih berminyak, dan lebih harum serta memiliki kualitas terbaik.
Habbatussauda' bisa juga untuk membantu proses penyembuhan karena gangguan jin (ruqyah), yaitu dengan cara meminumkannya dan mendekatkannya kehidung pasien, bahkan meneteskannya jika mungkin dilakukan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

3 komentar:

  1. boleh juga... bisa didapat dimana dan berapaan ya harganya??
    ane di jogja... jadi kalo dijogja kira2 dimana ya? yg murah^^

    ReplyDelete
  2. bisa pesen buka webnya aja mas nanti tinggal kontak

    ReplyDelete
  3. banyak banget manfaatnya.. subhanallah..

    ReplyDelete