Keistimewaan Masjid Nabawi


Assalamualaykum sobat Adz Dzikr, kalian pasti taukan Masjid Nabawi, yup Masjid suci kedua setelah Masjidil Haram. Masjid ini dibangun oleh Rasul kita Muhammad SAW sama sahabat-sahabatnya di kota Madinah Al Munawwarah pada bulan Rabiul Awal 1H/September 622M.

Pada awalnya masjid ini masih berukuran kecil sekitar 1050m2, tiangnya masih pakai batang pohon kurma dan penerangannyapun masih memakai pelepah kurma yang dibakar. Tetapi seiring berkembangnya zaman dan waktu, masjid ini sering mengalami perbaikan beberapa kali sehinga semakin indah dan luas.
Saat ini luas Masjid Nabawi telah mencapai 98.000m2.Luas ini diyakini sama dengan luas kota Madinah di masa Rasulullah SAW. Dan karenanya, masjid ini dapat menampung hingga lebih dari 1 juta jamaah, Subhanallah!

Masjid Nabawi sekarang benar-benar dibangun dengan arsitektur yang modern dan teknologi yang canggih. Bangunan ini memiliki 27 ruangan terbuka berukuran 18x18m untuk pengaturan udara. Terdapat juga 9 buah atap masjid berbentuk kubah yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, kubahnya juga memiliki hiasan relief yang indah.
Masjid ini memunyai 10 buah menara yang indah, dipuncak setinggi 104m terdapat ornament bulan sabit yang dilapisi emas asli. Untuk memanjakan jamaah Masjid Nabawi dibangun satu unit AC central raksasa di sebelah barat masjid. Hawa dingin AC tersebut lalu disalurkan lewat pipa bawah tanah ke seluruh penjuru masjid melalui pilar yang berjumlah 2.104 buah.

Nah kalau mau parkir kendaraan, masjid ini mempunyai halaman parkir yang dapat menampung lebih dari 10.000 mobil dengan jalan akses langsung keluar Madinah lewat underground atau bawah tanah, jadi nggak mengganggu lalu lintas disekitar masjid.
Kamar Rasulullah SAW dan istrinya Aisayah RA, berada persis disamping Masjid Nabawi. Lokasi antara mimbar masjid dengan kamar itu disebut Raudhah atau Raudhatul Jannah (Taman Surga) dan luasnya 22x15m2.

Ketika Rasulullah SAW meninggal dunia, beliau dikuburkan didalam kamarnya, lalu ketika Abu Bakar mendekati ajal, beiau juga berwasiat agar dikuburkan disamping Rasulullah SAW. Selang beberapa tahun saat Umar bin Khattab akan meninggal beliau juga berwasiat agar dimakamkan di samping Rasulullah SAW. Sehingga dalam kamar Aisyah terdapat 3 makam, makam Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab. Lokasi kuburan mereka bertiga pada awalnya ada dikamar Aisyah atau diluar Masjid Nabawi. Tetapi saat itu terjadi rawan pencurian makam. Maka makam Rasulullah dan sahabatnya dipindah kedalam masjid agar aman dari pencurian. Kini makam Rasulullah SAW dan sahabatnya berada tepat dibawah Masjid Nabawi yang berkubah hijau ciri khas masjid ini.

Lokasi Raudhah adalah area yang musatajab untuk berdoa pada Allah SWT, sama seperti di depan Multazam pintu Ka'bah, saat wukuf di Arafah, dll. Karena lokasinya yang sempit sehingga jamaah yang ingin berdoa harus rela berdesak-desakan jika jamaahnya banyak.
Masjid Nabawi memiliki beberapa keutamaan, yakni sesuai Hadits Rasulullah SAW bahwa orang yang shalat di masjid ini pahalanya 1000 kali dibanding shalat di masjid biasa, sedangkan shalat di Masjidil Haram pahalanya 100.000 kali dibanding masjid biasa. Selain itu shalat di Masjid Nabawi 40 kali tanpa putus maka dia akan selamat dari siksa api neraka, siksa kubur, dan kemunafikan. Subhanallah!

Sobat Adz dzikr betapa mulianya Masjid ini dan semoga kita diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa berziarah kesana. Amin ya Rabb....!

sai adz dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment