Kekhalifahan Abbasiyah

Silsilah Dinasti Abbasiyah

Wilayah Kekuasaan Abbasiyah

Kekhalifahan Abbasiyah (Arabic: العبّاسيّون‎, al-‘Abbāsīyūn) diperinath oleh dinasti Abbasiyah, yang membangun ibukota mereka di Baghdad setelah menaklukkan Umayyah kecuali wilayah Al Andalus.

Didirikan oleh keturunan paman Nabi Muhammad SAW, Abbas ibnu Abdul Muttalib. Didirikan di kota Harran pada tahun 750 dan berpindah ibukota pada 762 dari Harran ke Baghdad. Berkembang cepat selama dua abad, tetapi lambat laun menuju kejatuhan karena bangkitnya kekuatan pasukan Turki yang sebenarnya mereka latih, Mamluk. Setelah selama 150 tahun memegang kendali diseluruh Persia, Abbasiyah dipaksa menyerahkan kekuasaan pada pemerintah lokal karena melemahnya militer Abbasiyah.

Kekuasaan dinasti ini berkahir pada tahun 1258, ketika Hulagu Khan, menghancurkan Baghdad, pusat kekuasaan lalu berpindah ke Mamluk Mesir tahun 1261 sampai tahun 1519 ketika kekhalifahan berpindah ke Ottoman dan ibukotanya pindah ke Istanbul.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment