Sayuran Dapat Mencegah Gangguan Penglihatan



Menurut sebuah studi yang di lakukan The Age-Related Eye Disesase Study Research Group menemukan, mengkonsumsi sayuran daun hijau tua dan sayuran dapat menurunkan resiko mengembangkan age-related macular degeneration (AMD), penyebab kebutaan di kalangan orang-orang lanjut usia. Studi yang didukung pemernitah Amerika ini meneliti sekitar 4.500 orang umur 60 dan 80 ketika mereka mendaftar antara tahun 1992 dan 1998. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Archieves of Opthalmology edisi september.

Orang-orang yang banyak mengkonsumsi pigmen kuning tumbuhan lutein dan zeaxanthin secara teratur berkemungkinan lebih kecil mendapatkan AMD lanjut dibanding orang-orang yang mengkonsumsi paling sedikit.

Orang-orang dengan intake lutein dan zeaxanthin tertinggi juga berkemungkinan lebih kecil mempunyai sejumlah drusen atau drusen besar, deposit kuning atau putih pada retina mata atau saraf optik yang merupakan pertanda AMD.

Menurut para periset, lutein dan zeaxanthin dapat mempengaruhi proses di mana cahaya dan oksigen merusak mata. Jika riset selanjutnya memperkuat temuan studi ini, lutein dan zeaxanthin kemungkinan dimasukkan sebagai senyawa berkhasiat dalam intervensi makanan atau suplemen untuk menurunkan resiko AMD.

Sumber : Tabloid AURA Edisi/ Th.XI/ Minggu ke-4

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

3 komentar:

  1. Ayo semuannya rajinlah pada makan sayur biar sehat kuat kaya popeye dan matanya sehat kata pak ustadz

    ReplyDelete
  2. Karotenoid banyak ditemukan pada sayuran berwarna kuning-jingga seperti wortel, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning-jingga, seperti tomat, arbei, semangka, dan mangga.

    ReplyDelete
  3. sambungin lah ke unsur islami!

    ReplyDelete