Hardware pada Jaringan Komputer

Sobat Adz Dzikr yang merasa sering menggunakan internet dan sering menggunakanan komputer, seharusnya ngerti sama hardware-hardware jaringan komputer yang membuat kita bisa online. Nggak cuma make aja, jadi kalau kita ngerti perangkat-perangkat untuk jaringan komputer kita bisa masang internet di rumah tanpa harus meminta bantuan orang lain, jadi lebih mandiri gitu...

Kartu Jaringan

Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC), adalah perangkat yang dipasang pada salah satu slot motherboard komputer, tapi pada motherboard yang sekarang ini banyak yang sudah ada istilahnya onboard jadi gak perlu masang lagi. Pada kartu jaringan terdapat bagian yang berfungsi untuk memasang kabel untuk komunikasi dalam jaringan sehingga memungkinkan hubungan antarkomputer dan pertukaran data. Kartu jaringan yang banyak dipake sekarang adalah jenis kartu Ethernet dan LokalTalk konektor yang dipopulerkan Apple.

Ethernet Hub

Hub atau konsentrator berfungsi untuk membagi sinyal data dari kartu jaringan ke tiap-tiap workstation. Hub juga berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari server, workstation, dan perangkat lain dalam suatu jaringan. Pada umumnya hub ini digunakan pada jaringan dengan topologi star. Dalam topologi ini, kabel jaringan dari sebuah workstation masuk ke dalam hub sehingga dapat menghubungkan komputer-komputer maupun perangkat lain yang ada ke dalam sebuah jaringan. Secara teknis hub dibagi jadi 3 jenis, yaitu Passive (tidak membutuhkan sumberdaya eksternal karena tidak melakukan penguatan sinyal yang masuk), Active (membutuhkan sumberdaya eksternal karena melakukan penguatan dan regenerasi sinyal) dan Intelligent (dilengkapi dengan pendeteksi kesalahan).

Bridge

Bridge merupakan perangkat yang menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge, dapat diperoleh suatu jaringan yang lebih besar yang merupakan hasil penggabungan antara dua buah jaringan. Bridge juga berfungsi mengatur agar aliran informasi diantara kedua jaringan tetap berjalan teratur. Bridge ada 3 jenis model, yaitu local bridge (terhubung langsung dengan LAN), remote bridge (digunakan pada WAN yang menghubungkan antar LAN) dan wireless bridge (menghubungkan antar LAN secara wireless). Pada model referensi OSI, bridge berada pada lapisan ke-2, yaitu lapisan data link.

Router

Router berfungsi sebagai pengatur aliran data dan informasi antara jaringan satu dengan jaringan yang lainnya. Dengan adanya router, aliran data dari suatu jaringan juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak bercampur dengan aliran data dari jaringan lain. Router dapat mengetahui jaringan yang paling sibuk, dan menarik aliran data didalamnya sehingga aliran data pada jaringan tersebut lebih baik dan teratur.

Repeater

Repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal pada suatu jaringan. Perangkat ini bekerja dengan menguatkan sinyal yang diterima dari komputer asal sehingga kondisi sinyal tetap kuat sebagaimana aslinya. Dengan repeater jarak antara workstation bisa dibuat lebih jauh tanpa khawatir kendala sinyal lemah.

Media Transmisi
Pada jaringan dengan area cakupan yang tidak terlalu jauh, media transmisi yang sering digunakan adalah kabel. Diantarannya adalah twisted pair, coaxial dan serat optik.

- Twisted Pair

Kabel twisted pair merupakan kabel yang terdiri dari pasangan tembaga yang saling terlilit menjadi satu. Kabel ini sudah sangat sering digunakan untuk berbagai kepentingan, terutama digunakan untuk kabel telepon.
Kabel twisted pair ada 2 yaitu, kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) dan Shielded Twisted Pair (STP.

- Coaxial

Kabel coaxial adalah kabel tembaga yang diselimuti oleh beberapa pelindung anyaman tembaga dan isolator. Pelindung luar berfungsi melindungi bagian dalam kabel dari benturan fisik maupun gigitan hewan pengerat. Pelindung anyaman tembaga berfungsi untuk melindungi kabel dari pengaruh interferensi kabel-kabel yang disekitarnya. Sedangkan isolator plastik berfungsi untuk menyaring sinyal-sinyal interferensi dari luar kabel sehingga inti kabel dapat dibuat bebas dari sinyal dari luar yang mengganggu.

- Serat Optik / Fiber Optik

Serat optik adalah sejenis serat yang dibuat dari bahan silika yang sangat ideal untuk dijadikan media komunikasi. Kabel ini mampu mengirimkan sinyal dalam jumlah besar karena daya tampung kabel serat optik dapat mencapai ribuan kali daya tampung kabel tembaga. Disamping itu gelombang pembawa sinyal serat optik bukan gelombang elektromagnet atau listrik, melainkan sinar laser sehingga relatif lebih aman.

Sumber : Tabloid PC Mild 04/2010

sai adz-dzikr

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

1 komentar: