10 Khalifah Turki, Orhan Gazi

Orhan Gazi

Orhan Gazi lahir tahun 1281. Ayahnya adalah Osman Gazi dan Ibunya adalah Mal Sultana. Orhan Gazi seorang yang tinggi, berambut pirang dan bermata biru. Beliau ramah, pemaaf, ahli agama dan penguasa yang adil. Ia mempunyai karakter yang sabar dan kuat. Ia menghabiskan kebanyakan waktunya dengan mengunjungi rakyatnya dan mendapatkan simpati rakyatnya dalam waktu yang singkat.

Orhan Gazi menjadi pemimpin Klan Kayi setelah kematian Osman Gazi pada 1326. Ia menikahi Teodora, putri Kaisar Byzantium Yoannis Kontakuzinas XI, pada 1346. Istri keduanya adalah Holofira putri Pangeran Byzantium Yarhisar. Setelah menikahi Orhan Gazi, ia memeluk agama Islam dan berganti nama menjadi Nilufer Hatun. Ia melahirkan Murad yang akan menjadi Sultan ketiga Ottoman. Osman Gazi mengalahkan Kaisar Byzantium Andronicus III dan menaklukkan sebagian besar Asia kecil. Pada tahun 1345, Kedatangan pasukan Ottoman ke Eropa adalah untuk membantu Kaisar Yoannis Kontakuzinas XI melawan penguasa Serbia dan membuat Ottoman mendapat pijakan di benua Eropa.

Sumber : http://theottomans.org

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Adz-Dzikr (pemberi peringatan) merupakan salah satu dari nama lain Al-Qur'an. Allah menyebut nama Adz Dzikr diantaranya dalam surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS.Al-Hijr/15:9). Adz-Dzikr juga merupakan asal-usul kata dzikir yang menurut syariat Islam berarti mengingat Allah SWT.

0 komentar:

Post a Comment